Thursday, May 29, 2014

bagaimana penggunaan lemak sebagai sumber energi ?

Q.

A. begini asam lemak dan 2 monogliserida larut dalam gugus pusat lipid dari miselus asam empedu. Dalam bentuk ini, asam lemak dan monogliserida di transpor ke permukaan mikrovili di dalam brush border.Disini keduanya berdifusi melalui membran sel enterosit ke bagian dalam enterosit : keadaan ini dimungkinkan karena lipid-lipid ini larut dalam membran enterosit Proses ini meninggalkan miselus asam empedu di dalam kimus. Selanjutnya miselus berdifusi kembali melalui kimus dan masih mengabsorbsi lebih banyak monogliserida dan asam lemak lagi. Setelah memasuki enterosit, asam lemak dan monogliserida diambil oleh retikulum endoplasma halus, dan disini mereka terutama direkombinasi untuk membentuk trigleserida yang baru. Yang kemudian berkumpul dan masuk ke dalam limfe dalam bentuk droplet kecil yang tersebar disebut kilomikron.
Kilomikron dikeluarkan dari sirkulasi darah melalui kapiler jaringan adiposa dan hati yang berisi enzim lipoprotein lipase. Enzim ini untuk menghidrolisis trigliserida dari kimomikron yang melekat pada dinding endotel dengan melepaskan asam lemak dan gliserol. Keduanya kemudian berdifusi ke dalam sel lemak jaringan adiposa dan sel hati.
Jaringan adiposa mempunyai fungsi untuk menyimpan trigliserida sampai diperlukan untuk membentuk energi dalam tubuh.

Makanan apa saja yang mengandung lemak?
Q.

A. 10 Makanan Yang Paling Banyak Mengandung Lemak
1. Pure kentang.
Apalagi jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega. Bayangkan, 1/2 mangkuk saji saja sudah mengandung 200 kalori!

2. Permen.
Selain mengandung jenis lemak jahat, kadar gulanya juga sangat tinggi. Begitu pula panganan sejenis seperti donat, cake dan bolu gulung.

3. Es krim.
Meski kenikmatannya sangat mengundang, es krim merupakan sajian yang amat tinggi kandungan lemak, gula dan kalori. Jadi, pertimbangkan kembali untuk menikmatinya jika Anda sedang berdiet.

4. Keripik kentang.
Camilan yang gurih ini merupakan salah satu makanan yang paling berpeluang bikin gemuk karena kandungan garamnya sangat tinggi.. Belum lagi kandungan lemak dan gulanya, sehingga total kalorinya tinggi. Di samping itu, keripik kentang banyak mengandung bahan pengawet, perasa dan pemanis buatanyang jelas-jelas dapat merugikan kesehatan.

5. Daging olahan.
Kendati amat praktis, hot dog, sosis dan daging olahan sejenisnya, mengandung lemak tak baik. Kadarnya yang begitu tinggi, sama banyak dengan kadar garam yang dikandungnya.

6. Jajanan gorengan.
Makanan jenis ini kurang baik bagi kesehatan karena umumnya digoreng dengan minyak yang tidak diganti setiap kali menggoreng. Kandungan lemaknya juga sangat tinggi dan kurang terjamin kebersihannya jika dijajakan di pinggir jalan.

7. Makanan cepat saji.
Di antaranya hamburger, nachos dan kentang goreng. Kandungan lemaknya sangat tinggi, begitu pula kandungan kalorinya. Sementara kandungan nutrisiyang menyehatkan, nyaris tidak ada.

8. Minuman bersoda.
Meski mendatangkan kesegaran sesaat, minuman ini sama sekali tidak memiliki nilai-nilai nutrisi. Kecuali, kaya akan kandungan gula, sodium, dan kalori.

9. Sereal .
Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, semakin menjadi ancaman bila bertemu dengan rasa manis dari gula. Makanan jenis ini akan meningkatkan gula darah dan menyebabkan tubuh menimbun lemak.

10. Susu .
Meskipun kandungan kalsiumnya baik bagi tubuh, susu memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi yang akan menambah timbunan lemak tubuh. Jadi, kalau ingin mengambil manfaat kalsiumnya, ganti saja dengan mengonsumsi susu yang bebas lemak atau minimal yang yang sudah dikurangi kandungan lemaknya.

gimana sih proses sintesis lemak?
Q.

A. Kalo yang kamu maksud sintesis lemak di tubuh manusia, maka prosesnya terjadi terutama di hati/liver. Makanan yang kita makan tersusun atas beberapa zat gizi: karbohidrat, protein, lemak, dan mineral. Lemak yang kita makan dari makanan akan dipecah oleh enzim-enzim di usus kita menjadi zat-zat yang lebih sederhana sehingga bisa dierap oleh usus. Setelah diserap oleh usus, lemak-lemak tersebut akan diangkut oleh saluran kelenjar getah bening yang pada akhirnya akan sampai di hati/hepar. Disini, lemak-lemak tersebut akan disintesis menjadi lemak "siap pakai" yang akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Lemak tersebut dinamakan LDL. Nanti LDL ini dipake oleh jaringan tubuh kita seperti jaringan adiposa, dan jaringan lain sebagai cadangan. Maksudnya adalah, dalam keadaan biasa, yang jadi bahan bakar energi oleh tubuh atau jaringan adalah karbohidrat, setelah karbohidrat habis dipakelah lemak.

Fungsi lemak yang lainnya adalah bahan baku untuk pembentukan hormon-hormon tertentu melalui proses yang panjang.

Makanan rendah lemak apa aja contohnya?
Q.

A. Serat. Serat bersifat mengenyangkan, tetapi tidak mengandung kalori yang berkait dengan lemak. Anda bisa mendapatkan serat dari beragam makanan termasuk buah, sayuran, produk whole grain, serta oatmeal.

Margarin, khususnya yang hanya mengandung sedikit lemak trans. Pastikan membaca label untuk melihat jumlah kandungan lemak trans. Selain itu, pilihlah margarin yang paling lembut, semakin lembek berarti kandungan lemak jenuhnya juga semakin sedikit. Saat hendak memanggang, Anda bisa mengganti satu cangkir mentega yang biasa Anda gunakan dengan satu cangkir margarin atau 2/3 cangkir minyak sayur.

Susu tanpa lemak yang sudah diuapkan (evaporated skim milk). Saat memasak atau memanggang, Anda bisa mengganti satu cangkir krim utuh (heavy cream) dengan satu cangkir susu skim yang sudah diuapkan.

Tepung cokelat. Saat memasak, satu ons cokelat tanpa pemanis bisa digantikan dengan 3 sendok makan tepung cokelat yang dilarutkan dalam satu sendok makan minyak sayur.

Yogurt. Anda bisa mengganti es krim dengan yogurt tanpa lemak yang beku, ada baiknya memilih yogurt yang bebas gula. Selain itu, yogurt juga bisa digunakan untuk menggantikan krim asam yang tinggi lemak saat membuat topping.

Produk unggas. Unggas (ayam dan kalkun) merupakan alternatif pengganti daging sapi yang rendah lemak dan kolesterol. Selain ayam, Anda juga bisa menggunakan makanan laut, tetapi tentunya makanan laut yang belum dimasukan ke dalam saus, mentega, dan sejenisnya.

Penambah rasa tanpa garam. Anda tidak memerlukan lemak untuk menambah rasa. Anda bisa menggunakan penambah rasa tanpa garam, seperti kemangi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bawang putih, yang terbukti bagus untuk jantung.

Putih telur. Cobalah mengganti 1 butir telur utuh dengan putih telur dari 2 butir telur. Cara ini membantu Anda menambah asupan protein sekaligus mengurangi lemak. (OL-08)

.

apa sih bedanya kolesterol dengan lemak?
Q. apa sih bedanya kolesterol dengan lemak?

A. lemak itu salah satu komponen penting yang ada dalam tubuh......
bisa jadi pelarut vitamin A,D,E,K di dalam tubuh,juga....
Nah,lemak itu ada macem macem,ada HDL,LDL gitu.....
kolesterol itu salah satu macam dari lemak yaitu LDL itu tadi
kolestrol itu merupakan lemak jenuh,jadi keberadaannya dalam jumlah banyak malah menebabkan penyakit
kolestrol itu sering dibilang lemak jahat,karena jika jumlahnya berlebihan dan banyak terdapat di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung.....
untuk mencegahnya ya jangan makan makanan yang mengandung kolestrol tinggi,kalo goreng sesuatu yang untuk dimakan itu juga jangan pake minyak bekas berkali2,maksimal 2x,dll
begitu setau saya




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment