Tuesday, February 25, 2014

Makanan apa saja yang mengandung lemak?

Q.

A. 10 Makanan Yang Paling Banyak Mengandung Lemak
1. Pure kentang.
Apalagi jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega. Bayangkan, 1/2 mangkuk saji saja sudah mengandung 200 kalori!

2. Permen.
Selain mengandung jenis lemak jahat, kadar gulanya juga sangat tinggi. Begitu pula panganan sejenis seperti donat, cake dan bolu gulung.

3. Es krim.
Meski kenikmatannya sangat mengundang, es krim merupakan sajian yang amat tinggi kandungan lemak, gula dan kalori. Jadi, pertimbangkan kembali untuk menikmatinya jika Anda sedang berdiet.

4. Keripik kentang.
Camilan yang gurih ini merupakan salah satu makanan yang paling berpeluang bikin gemuk karena kandungan garamnya sangat tinggi.. Belum lagi kandungan lemak dan gulanya, sehingga total kalorinya tinggi. Di samping itu, keripik kentang banyak mengandung bahan pengawet, perasa dan pemanis buatanyang jelas-jelas dapat merugikan kesehatan.

5. Daging olahan.
Kendati amat praktis, hot dog, sosis dan daging olahan sejenisnya, mengandung lemak tak baik. Kadarnya yang begitu tinggi, sama banyak dengan kadar garam yang dikandungnya.

6. Jajanan gorengan.
Makanan jenis ini kurang baik bagi kesehatan karena umumnya digoreng dengan minyak yang tidak diganti setiap kali menggoreng. Kandungan lemaknya juga sangat tinggi dan kurang terjamin kebersihannya jika dijajakan di pinggir jalan.

7. Makanan cepat saji.
Di antaranya hamburger, nachos dan kentang goreng. Kandungan lemaknya sangat tinggi, begitu pula kandungan kalorinya. Sementara kandungan nutrisiyang menyehatkan, nyaris tidak ada.

8. Minuman bersoda.
Meski mendatangkan kesegaran sesaat, minuman ini sama sekali tidak memiliki nilai-nilai nutrisi. Kecuali, kaya akan kandungan gula, sodium, dan kalori.

9. Sereal .
Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, semakin menjadi ancaman bila bertemu dengan rasa manis dari gula. Makanan jenis ini akan meningkatkan gula darah dan menyebabkan tubuh menimbun lemak.

10. Susu .
Meskipun kandungan kalsiumnya baik bagi tubuh, susu memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi yang akan menambah timbunan lemak tubuh. Jadi, kalau ingin mengambil manfaat kalsiumnya, ganti saja dengan mengonsumsi susu yang bebas lemak atau minimal yang yang sudah dikurangi kandungan lemaknya.

Makanan rendah lemak apa aja contohnya?
Q.

A. Serat. Serat bersifat mengenyangkan, tetapi tidak mengandung kalori yang berkait dengan lemak. Anda bisa mendapatkan serat dari beragam makanan termasuk buah, sayuran, produk whole grain, serta oatmeal.

Margarin, khususnya yang hanya mengandung sedikit lemak trans. Pastikan membaca label untuk melihat jumlah kandungan lemak trans. Selain itu, pilihlah margarin yang paling lembut, semakin lembek berarti kandungan lemak jenuhnya juga semakin sedikit. Saat hendak memanggang, Anda bisa mengganti satu cangkir mentega yang biasa Anda gunakan dengan satu cangkir margarin atau 2/3 cangkir minyak sayur.

Susu tanpa lemak yang sudah diuapkan (evaporated skim milk). Saat memasak atau memanggang, Anda bisa mengganti satu cangkir krim utuh (heavy cream) dengan satu cangkir susu skim yang sudah diuapkan.

Tepung cokelat. Saat memasak, satu ons cokelat tanpa pemanis bisa digantikan dengan 3 sendok makan tepung cokelat yang dilarutkan dalam satu sendok makan minyak sayur.

Yogurt. Anda bisa mengganti es krim dengan yogurt tanpa lemak yang beku, ada baiknya memilih yogurt yang bebas gula. Selain itu, yogurt juga bisa digunakan untuk menggantikan krim asam yang tinggi lemak saat membuat topping.

Produk unggas. Unggas (ayam dan kalkun) merupakan alternatif pengganti daging sapi yang rendah lemak dan kolesterol. Selain ayam, Anda juga bisa menggunakan makanan laut, tetapi tentunya makanan laut yang belum dimasukan ke dalam saus, mentega, dan sejenisnya.

Penambah rasa tanpa garam. Anda tidak memerlukan lemak untuk menambah rasa. Anda bisa menggunakan penambah rasa tanpa garam, seperti kemangi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bawang putih, yang terbukti bagus untuk jantung.

Putih telur. Cobalah mengganti 1 butir telur utuh dengan putih telur dari 2 butir telur. Cara ini membantu Anda menambah asupan protein sekaligus mengurangi lemak. (OL-08)

.

apa sih bedanya kolesterol dengan lemak?
Q. apa sih bedanya kolesterol dengan lemak?

A. lemak itu salah satu komponen penting yang ada dalam tubuh......
bisa jadi pelarut vitamin A,D,E,K di dalam tubuh,juga....
Nah,lemak itu ada macem macem,ada HDL,LDL gitu.....
kolesterol itu salah satu macam dari lemak yaitu LDL itu tadi
kolestrol itu merupakan lemak jenuh,jadi keberadaannya dalam jumlah banyak malah menebabkan penyakit
kolestrol itu sering dibilang lemak jahat,karena jika jumlahnya berlebihan dan banyak terdapat di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung.....
untuk mencegahnya ya jangan makan makanan yang mengandung kolestrol tinggi,kalo goreng sesuatu yang untuk dimakan itu juga jangan pake minyak bekas berkali2,maksimal 2x,dll
begitu setau saya

Bagaimana proses penyerapan lemak dalam darah?
Q. jelaskan secara singkat

A. Makanan akan melewati kerongkongan menuju lambung, tempat penyerapan lemak berlangsung. Di sini, 10-20% lemak dari makanan dipecah. Lemak tersebut akan memasuki usus kecil, di mana tetes-tetes lemak besar diuraikan lebih lanjut oleh kontraksi usus (peristaltik) dan emulsifier (asam empedu dan lesitin) menjadi tetesan lemak yang lebih kecil.
Sebagian besar lemak pada makanan berbentuk trigliserida . . . .. Trigliserida terdiri dari rangka struktur gliserol dengan tiga asam lemak yang menempel dan menjadi bentuk molekuler seperti huruf besar E. Enzim lipase gastrointestinal memecah trigliserida yang terdapat di tetesan lemak kecil menjadi asam lemak bebas dan monogliserida, yang cukup kecil untuk memasuki sel-sel mukosa dinding usus. Untuk itu, molekul-molekul ini harus dapat larut dalam air.
Asam empedu membungkus asam lemak bebas, monogliserida, vitamin yang larut dalam lemak, lesitin dan kolesterol untuk membentuk tetesan mikroskopik larut air yang disebut misel. Misel kemudian menuju dinding sel dinding usus, di mana asam lemak bebas dan monogliserida melewati membran dan memasuki sel. Misel sendiri tidak melewati membran. Setelah memasuki sel mukosa, asam lemak dan monogliserida bergabung lagi menjadi trigliserida. Proses pencernaan selesai dan lemak dapat diedarkan melalui sistem limfatik menuju sistem peredaran darah lalu ke seluruh tubuh untuk digunakan sebagai energi atau disimpan di sel lemak yang disebut dengan adiposit.

Sebutkan lemak yang di butuhkan oleh tubuh?
Q.

A. Pada dasarnya, semua lemak itu baik karena lemak dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Peran lemak adalah menyediakan energi sebesar 9 kalori/gram, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia.

Berdasarkan struktur kimianya, dikenal lemak jenuh, tidak jenuh tunggal, tidak jenuh ganda, dan lemak trans. Berdasarkan fungsinya di dalam tubuh, lemak terbagi menjadi lemak struktural yang membentuk dinding sel, timbunan lemak sebagai cadangan tenaga, hormon steroid, dan lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh manusia.

medicalnewstoday, total asupan lemak yang direkomendasikan per hari adalah sebagai berikut.

Anak-anak usia 203 tahun, total lemaknya 30%-35% dari total kalori yang dimakan
Anak-anak usia 4-18, total lemaknya 25%-35% dari total kalori yang dimakan
Dewasa usia 19 keatas, total lemaknya 20%-35% dari total kalori yang dimakan




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment