Sunday, December 23, 2012

Gimana cara six pack?

Q. gimana nih supaya bisa six pack???
kira2 berapa kali harus sit up sehari???
dan kira2 berapa hari baru bisa jadi???
bantuin gw pliss

A. "Meraih Impian Perut Six-pack!!"
Bentuk tubuh ideal sering diasumsikan adalah seseorang yang memiliki dada bidang, bahu lebar, lengan yang kekar, kaki yang kencang, dan perut yang rata atau sering disebut six-pack. Untuk urusan perut six-pack, seorang Ade Rai pun mengaku butuh waktu bertahun-tahun untuk memperolehnya (seperti dilansir situs Health Corner). Bahkan seorang finalis L-Men tahun 2006, dia selalu sit-up sewaktu bangun tidur, hitungan repetisinya sekuat yang ia mampu, rutin dilakukannya selama bertahun-tahun. Artikel ini akan membahas bagaimana cara membentuk perut six-pack, saya membuatnya menurut
pengalaman saya ditambah beberapa masukan dari berbagai sumber baik person ataupun
media massa. Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan teman- teman semua.
Mengapa perut six-pack sulit diraih?
Saya menemukan jawabannya setelah frustasi(hehe), mengapa selama hampir satu tahun saya menjadi member disebuah tempat kebugaran perut saya masih biasa-biasa saja, kencang tapi tidak berotot Hal itu disebabkan karena;
1. Keunikan biologis tubuh kita untuk selalu menyimpan lemak di bagian perut sebelum disebarkan ke seluruh tubuh.
2. Pola latihan yang salah.
3. Pola makan yang tidak diatur.
4. Pola istirahat yang tidak cukup.
Dari berbagai sumber yang saya dapat, banyak sekali cara membentuk perut yang ideal, tetapi ada satu benang merah yang dapat saya ambil, semua berawal dari metabolisme tubuh. Jika sesorang mempunyai metabolisme tubuh yang bagus, maka untuk memperoleh perut ideal akan lebih mudah. Ada kenyataan bahwa tubuh menyimpan lemak diperut terlebih dahulu sebelum disebarkan ke seluruh tubuh, dengan begitu kita harus menyusun pola latihan yang benar untuk melatih bagian perut.
Menurut Ade Rai, seperti yang tertulis di Health Corner, melatih perut bagian bawah(ini adalah latihan terberat) sewaktu awal latihan akan memberikan hasil yang lebih maksimal daripada melakukan sit-up posisi biasa. Karena sewaktu awal latihan otot belum terlalu lelah, dan gerakan menarik otot bagian bawah juga melatih otot perut secara keseluruhan secara bersama-sama(lakukan 3 set 20 repetisi). Latihan sit-up dengan media bangku akan memberi tantangan lebih. Melatih otot perut hasilnya akan lebih baik jika dilakukan bersama-sama melatih otot-otot utama tubuh seperti dada, bahu, lengan, punggung, sayap, paha, maupun betis. Hal itu mengapa dihampir setiap tempat kebugaran, para instrukturnya menganjurkan melatih otot perut hanya sebagai pelengkap latihan yang lain, biasa dilakukan di awal dan akhir sesi latihan. Melakukan aerobik juga akan membantu dalam usaha membakar cadangan lemak dalam tubuh.
Faktor penentu lainnya yaitu pengaturan pola makan. Saran dari Ade Rai;
ï§ï Konsumsi kalori yang lebih sedikit daripada kalori yang keluar
ï§ï Ketahui komposisi dan timing makan yang baik, hal ini sangat berbeda antara orang yang satu dengan yang lain. Jadi, pelajari tubuh anda sendiri, berapa komposisi dan waktu makan yang baik untuk tubuh anda.
ï§ï Pastikan penyajian makanan yang sehat, baik makanan maupun penyajiannya.
Pola makan merupakan kunci sukses terbesar dalam membentuk perut six-pack, banyak orang(termasuk saya) kurang memperhatikan hal ini. Latihan keras tanpa mengatur pola makan adalah nol(0) besar.
Dan yang tak kalah pentingnya yaitu mengatur pola istirahat. Pastikan istirahat cukup, hindari tidur terlalu malam, karena menurut penelitian, orang yang yang terbiasa begadang akan lebih sering mengemil untuk mencukupi kebutuhan kalorinya, dan menurut hitung-hitungannya mas Ade, untuk semalam saja cadangan lemak akan bertambah sebanyak 118 kalori, dan bila dikalikan selama satu bulan itu sama saja dengan 3540 kalori atau setengah kilogram lemak dalam tubuh.
Sedikit tips buat teman-teman semua(dari berbagai sumber);
1. Perlu usaha keras dan pintar. Orang kekar juga harus punya otak to?he, yang dimaksud pintar disini adalah pintar mencari informasi mengenai latihan, diet, dan istirahat. Banyak literatur atau artikel yang menulis tentang ini, pintarlah memilih mana yang lebih cocok untuk teman-teman lakukan.
2. Mampu mengerahkan sampai ke batas maksimal. Lakukan latihan sampai batas maksimal tubuh. Jangan pernah menyerah, teman- teman harus berani menantang batas maksimal kekuatan tubuh. Hari ini repetisi 20 kali, keesokan hari 30 kali, esoknya lagi tingkatkan lagi semampu tubuh kalian.
3. Menentang rasa sakit dan pegal. Pegal adalah hal yang wajar bagi olahragawan, jangan takut akan hal itu. Lawan rasa pegal itu, jangan âcemenâ bro!!
4. JANGAN MALAS.
Memiliki perut six-pack identik dengan memiliki tubuh yang ideal, tubuh ideal identik dengan tubuh yang sehat. Meski perut six-pack bukan segalanya, tetapi bagi saya pribadi, perjuangan untuk memilikinya sangat berkesan. Perlu usaha besar untuk mendapatkannya, karena dibutuhkan disiplin fitnes yang tinggi. Tentu itu tidak mudah, tidak semua orang bisa memilikinya. Perlu usaha dan kepintaran tersendiri, bahkan sampai saat ini pun saya masih berusah

Pengen six pack nie,crax gmn?
Q. mulai dari menyusutkan lemak sampai jd six pack,apa za ltihanya? Trus asupan makanan pa yg d konsumsi sblum ftnes dan sesudah ftnes? Dan vitamin apa yg d konsumsi sprti amino misalx atau yg lain yg hrgax trjangkau,BB qu 63 tingi 170an tlong ya d ksh tau infox,aq ksh *5 yg lengkap infox

A. Dalam program six pack, Anda perlu memperhatikan tiga macam latihan yaitu : latihan abdominal (otot perut), latihan angkat beban dan latihan kardio.

Latihan kardio bisa bermacam-macam, seperti misalnya jogging, berlari, bersepeda maupun berenang. Apapun yang Anda pilih tidak menjadi masalah asalkan rutin dalam melaksanakannya. Triknya adalah melakukan dengan variasi intensitas. Contohnya ketika Anda memilih kardio jogging, berjalanlah selama 1 menit dan kemudian berlarilah selama 5 menit. Ulangi intensitas di atas sebanyak 5â7 kali dalam 1 kali berlatih.

Latihan angkat beban menjadi penting karena tambahan massa otot juga berarti tambahan kalori yang dibakar setiap harinya, bahkan ketika Anda hanya duduk sekalipun. Penambahan massa otot menjadi penting karena otot mengaktifkan metabolisme tubuh. Selalu sertakan latihan angkat beban di sesi latihan Anda.

six-pack2.jpg

Contoh pola latihan :

SENIN (Latihan 1)

Abdominal

Center Crunch 4 set x 20-25 repetisi
Side Crunch (left & right) 4 set x 20-25 repetisi

· Hanging Raise 4 set x 20-25 repetisi

Chest

Bench Press Barbell 3 set x 12-15 repetisi
Incline Press Dumbbell 3 set x 12-15 repetisi
Dumbbell Pull Over 3 set x 12-15 repetisi

· Pec Dec 3 set x 12-15 repetisi

Tricep

Tricep Push Down 3 set x 12-15 repetisi
One-handed Tricep 3 set x 12-15 repetisi

· Skull Crusher 3 set x 12-15 repetisi

Latihan Kardio 30 â 60 menit

SELASA (Latihan 2)

Abdominal

Center Crunch 4 set x 20-25 repetisi
Side Crunch (left & right) 4 set x 20-25 repetisi

· Hanging Raise 4 set x 20-25 repetisi

Back

Lat Pull Down (Behind) 3 set x 12-15 repetisi
Lat Pull Down (Front) 3 set x 12-15 repetisi
Seated Row 3 set x 12-15 repetisi

· Hyper Extension 3 set x 12-15 repetisi

Bicep

Preacher Curl with Barbell 3 set x 12-15 repetisi
Concentration Dumbbell 3 set x 12-15 repetisi

· Hammer Curl 3 set x 12-15 repetisi

Latihan Kardio 30 â 60 menit

RABU (off/ libur)

KAMIS (Latihan 3)

Abdominal

Center Crunch 4 set x 20-25 repetisi
Side Crunch (left & right) 4 set x 20-25 repetisi

· Hanging Raise 4 set x 20-25 repetisi

Shoulder

Dumbbell Press 3 set x 12-15 repetisi
Side Lateral Raise 3 set x 12-15 repetisi
Rear Lateral Raise 3 set x 12-15 repetisi

· Dumbbell Shrug 3 set x 12-15 repetisi

Latihan Kardio 30 â 60 menit

JUMAT (off/ libur)

SABTU (Latihan 4)

Abdominal

Center Crunch 4 set x 20-25 repetisi
Side Crunch (left & right) 4 set x 20-25 repetisi

· Hanging Raise 4 set x 20-25 repetisi

Chest

Incline Press Dumbbell 3 set x 12-15 repetisi

· Pec Dec 3 set x 12-15 repetisi

Back

Lat Pull Down (Behind) 3 set x 12-15 repetisi

· Seated Row 3 set x 12-15 repetisi

Legs

Leg Press 3 set x 12-15 repetisi
Leg Extension 3 set x 12-15 repetisi
Leg Curl 3 set x 12-15 repetisi

· Seated Calf Raise 3 set x 12-15 repetisi

Latihan Kardio 30 â 60 menit

MINGGU (off/ libur)

membentuk perut six pack tanpa alat :D?
Q. bagaimana cara membentuk perut six pack tanpa harus datang ke gym...

A. yah saya juga dalam masa latihan tema.
ni ada saran dari temen ku yg perutnya dah six pack sama saran2 yg ku kutip dari internet.

1. lakukan push up, angkat barbel ato latihan lainnya yang membentuk otot dada dan lengan secara berkala. maksudnya misalnya seminggu kamu latihan pada 4 hari dan beri sisanya 3 hari untuk mengistirahatkan tubuhmu (selang seling ya^^ harinya)
2. makan sedikit namun rutin, terutama ynag mengandung kalori.
3. jangan begadang

itu aja dolo yah,,,, sisanya liat saran yg lain ok

gimana bentuk perut six pack?
Q. gimana supaya perut g buncit n six pack??
gmn ngecilin perut bagian samping??
gw tiap hbs makn sit up..
tp ttp gak six pack

A. Sudah sering sit-up n diet tp gag juga sixpack http://www.l-men.com/id/six-pack-when-will-i-get-it#more-1077

mau olahraga tp di rumah aja http://www.google.co.id/gwt/n?q=Cara+olahraga+yang+dapat+membentuk+otot+perut&hl=in&source=m&ei=u8xsSLDPCp-K6wPExauwAg&sa=X&oi=blended&ct=res&cd=6&rd=1&u=http%3A%2F%2Fsixpacklangsing.blogspot.com%2F2008%2F04%2Fbiar-six-pack.html

Cara six pack pada waktu remaja..........?
Q. Guys......
Apakah pada umur sekitar 13-14 bisa mendapatkan six pack?????
Bagaimana caranya????

English:
Guys,
Can teenagers especially 13-15 years old get a six pack????
How?????

A. kalau menurut saya yha...

mendingan jangan buat badan nya six pack dulu.. soalnya kmu masih tumbuh khan. olah raga boleh.. kencengin badan aja biar ga bleber.. tapi dari yg pernah aku liat ni.. temen ku yg masih di bawah 17th dia sering fitnes dan berusaha bentukin badan nya.. tapi hasilnya dia ga bisa tinggi badan nya besar tapi agak bungkuk.. soalnya perutnya dah kenceng.. jadinya ketarik gitu.. hasilnya malah ga bagus.. badan besar tapi dia pendek.. jadi kyk kingkong gitu..

yha semua terserah kmu sih.. kalau emang mau bentuk badan nya yha fitnes aja.. lama2 juga ke bentuk.. atau klo mau dirumah cobain sering2 sit up.. itu bentukin perut kok..




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment