Thursday, December 27, 2012

Klo ngurangin kalori bikin kurus ga ya?

Q. gini aku ngurangi kalori dari karbohidrat lemak dan gula tapi vitamin mineral dan protein aku tingkatin porsinya jadi 1500kkl itu bikin kurus ga ya? sebenernya tubuhku dah optimal jd ga pengen kurus2 amat.

A. kalo gak diimbangin vitamin sama mineral pasti bikin kurus mas, tapi berhubung diimbangi dengan vitamin dan mineral, pengurangan kalori dari karbohidrat dan lemak tidak terlalu berpengaruh...itu menurut saya lho...

Bagaimana Mendapatkan Kalori yg Diinginkan dalalm Proses Pembuatan Briket Arang?
Q. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kadar kalori dalam suatu briket, serta bagaimanakah cara mendapatkan kalori yg diinginkan dalam proses pembuatan briket?serta adakah trik-trik / cara-cara khusus untuk hal tersebut?

A. Yang utama >> kadar karbonnya
dan zat yang bisa terbakar lainnya

Nilai kalori dapat dari percobaan lab
dengan mengunakan kalorimeter
prinsipnya
menghitung jumlah panas yang dihasilkan
dengan memperhitungkan kenaikan suhu
penerima panas (misal air)
dan faktor lainnya

untuk menghitung nilai kalori
silahkan hubungi universitas- universitas
yang ada jurusan kimia/ teknik kimia
atau Anda juga bisa hubungi lembaga sertifikasi
misal Sucofindo dan lainnya

nah untuk mencapai target nilai kalori
kamu harus sebisa mungkin menghilangkan bahan
tak terbakar dan yang menyerap panas

seperti ash/ abu
ash sebagian besar adalah kalsium, dan mineral lainnya
caranya dari pemilihan bahan baku...
dan hindari pengotor bahan baku seperti pasir, tanah dll

kemudian kelembaban/ kadar air
dikendalikan dari cara penyimpanan produk
karena saat pembuatan pasti airnya sudah hilang

Catatan :
kalo ada yang punya info lowongan buat Teknik KImia
hubungi aku yah di sourceid@yahoo.com
hehe terimakasih

Pengen diet rendah kalori?
Q. Aku pengen diet rendah kalori (1900). Ada yang bisa ngasih tau apa ajah yang aku harus makan dalam sehari. Misalnya: Sarapan, nasi (... gr), dsb. Tolongin yah untuk sarapan, cemilan 1, makan siang, cemilan 2, makan malam

A. USAHA DIET
Tips
Kontrol Porsi
Tetapkan porsi Anda, lebih baik buat Anda untuk makan sesuai dengan porsi Anda dari pada menyantap makanan secara berlebihan. Saat Anda makan dengan porsi lebih sedikit, Anda dapat makan secara teratur sepanjang hari. Contohnya, untuk membuat metabolisme lebih tinggi Anda dapat menyantap 5 ukuran kecil makanan dalam sehari dengan jarak waktu 2-3 jam. Cara ini dapat membantu metabolisme Anda dan juga membuat tetap kenyang sepanjang hari.
Hindari Makanan Manis
Gula adalah musuh besar saat diet dimulai. Untuk beberapa alasan saat Anda mulai menyantap makanan sehat dan menjalani diet, biasanya kerap ingin menyantap makanan manis. Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah makan buah favorit Anda atau agar-agar, saat keinginan itu muncul.
Air
Untuk mengurangi kelebihan air di tubuh, Anda malah harus minum banyak air untuk melepaskan air yang disimpan oleh tubuh. Tubuh kita menahan air untuk memastikan agar tidak mengalami dehidrasi. Saat Anda minum lebih banyak air sepanjang hari dan setiap harinya, justru akan membantu melepas air berlebih di tubuh.
Aktif
Usahakan untuk tetap aktif dengan kegiatan menyenangkan, aktivitas yang membuat rileks untuk hari bebas kerja Anda. Bersenang-senanglah dengan anak Anda, lakukan yoga, jalan-jalan atau lakukan permainan yang bersifat olahraga.
Menjalani diet memang tak mudah, tapi kunci untuk kesuksesan menurunkan berat badan adalah komitmen. Keteguhan difikiran kitalah yang akan mendorong untuk melakukan usaha yang lebih keras
Pengaturan kalori dan waktu dan jenis makan kurang effektif.

berapakah kadar kalori yang dihasilkan dalam pembakaran oli bekas?
Q. Kadar karbon?
Kadar kalori?
Hasil polusi?

A. CALORIFIC VALUE / NILAI KALORI (ASTM D-240)
Nilai Kalori adalah suatu angka yang menyatakan jumlah panas/kalori yang dihasilkan dari proses pembakaran sejumlah tertentu bahan bakar dengan udara/oksigen. Nilai kalori bahan bakar minyak umumnya antara 18.300 - 19.800 BTU/lb atau 10.160 - 11.000 kcal/kg. Nilai kalori berbanding terbalik terhadap berat jenis. Pada volume yang sama,semakin besar berat jenis suatu minyak akan semakin rendah nilai kalorinya. Nilai kalori diperlukan karena dapat digunakan untuk menghitung jumlah konsumsi bahan bakar minyak yang dibutuhkan untuk suatu mesin dalam suatu periode.


Contoh perhitungan:
1 BTU (British Termal Unit) = 0.0003927 Horse power-hours. Maka setiap found BBM dengan Nilai kalor 19.000 BTU/Lb, akan memberikan nilai tenaga sebesar 19.000 x 0.0003927 = 7.46 horsepower - hours (Tenaga kuda-jam)

Menu Diet Rendah Kalori?
Q. Ada gak menu yang gampang, murah-meriah untuk diet rendah kalori? Kalo boleh sekalian resep makanannya ya!Soalnya kalo mesti beli obat pelangsing tu mahal dan gak bagus. Pusink! And nyaris gak ada waktu buat olahraga. Jadi the best way lewat makanan. Tolong sarannya ya! Trims!

A. Bila Anda mengalami kegemukan (obesitas), maka diet rendah kalori bisa menjadi pilihan. Berikut patokan diet tersebut:
- Makan teratur dan lebih sedikit dari biasanya.
- Menghindari makanan banyak lemak, gurih, manis, usus, sosis, minyak, margarin, goreng-gorengan, cake, es krim, gula, permen, coklat, dodol, selai, madu, susu kental manis, sirup, minuman ringan, minuman beralkohol, jeroan, telur puyuh, kacang-kacangan, mete, dan sebagainya.
- Membatasi makan karbohidrat seperti nasi, lontong, talas, sagu, bulgur, mie, biskuit, bihun, makaroni, dan makanan yang dibuat dari tepung-tepungan.
- Pilih daging tak berlemak atau buanglah lemaknya.
- Gunakan banyak sayuran dan buah.
- Olah raga secara teratur.
- Memeriksakan kesehatan pada waktu tertentu.
''Bila terasa lapar lebih baik makan buah-buahan atau sayuran. Buah atau sayuran relatif rendah kalori dan mengandung serat, sehingga menekan rasa lapar dan menambah volume lambung,''kata Ibnu.
Karena itu bila makan buah-buahan yang berkulit tipis seperti jambu biji, apel, dan lain-lain dianjurkan jangan dikupas, kecuali bila ada gangguan mengunyah. Pasalnya, pada kulit tersebut banyak mengandung serat.
Diet ini juga harus ditunjang cara memasak yang tepat. Misalnya:
- Hindarkanlah sejauh mungkin menggoreng, lebih baik mengukus, merebus, mengungkep, menumis, memanggang, dan membakar.
- Sebagian sayuran dimakan sebagai lalap.
Selain mengatur pola makan, orang yang kegemukan harus melakukan aktivitas rutin, misalnya berjalan pagi atau bersepeda dan disarankan 3-4 kali seminggu. Lamanya setengah sampai satu jam per hari, untuk mengimbangi energi yang masuk dan keluar. Bila energi yang masuk lebih banyak daripada yang keluar akan terjadi penimbunan dalam tubuh dan disimpan dalam jaringan lemak.
Namun Ibnu mengingatkan, orang yang mengalami kegemukan tidak dianjurkan menurunkan berat badan terlalu drastis. Karena efeknya bisa membahayakan ginjal. Idealnya, dalam satu minggu berat badan turun 0,5 kilogram- 1 kilogram.

Contoh Menu Diet Rendah Kalori
Pagi:nasi berat 100 g (3/4 gelas), telur 50 g (1 butir), sayuran 100 g (1 gelas), buah 100 g (1 potong), minyak 5 g (1/2 sendok).
Pukul 10:00: buah 100 g.
Siang: nasi 140 g (1 gelas), daging 75 g (1 potong besar), tempe 50 g (2 potong), sayuran 100 g, minyak 5 g.
Pukul 16:00: buah 100 g.
Malam: nasi 100 g, daging 75 g, tempe 50 g, sayuran 100 g, buah 100 g, minyak 5 g.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment