Thursday, December 27, 2012

Apakah saya menderita kelainan OTOT JANTUNG? Perlukan melakukan TREADMILL dan ECHO??

Q. Apakah keluhan nyeri dada yg tajam, menembus punggung dan mencapai lengan kiri, rasa panas, berat, dan kuku yg membiru merupakan indikator adanya kelainan pada otot jantung?

Saya merasakan keluhan tsb pada saat saya sdg tidak melakukan aktivitas berat (posisi duduk atau tidur misalnya). Tapi ketika sdg beraktivitas, spt naik tangga atau lari, detak jantung akan lgs terasa dalam, kuat, dan tak beraturan. Selain itu saya akan merasa pening dan kuku menjadi biru.

ketika konsul dgn dokter sp. Penyakit dalam, hasil pemeriksaan EKG dan rontgen normal. Tetapi saya tetap khawatir. Apakah saya perlu melakukan treadmill ataupun echo?

Opps info: perempuan, usia 23th, tidak memiliki riwayat hipertensi (maks 130/90), memiliki riwayat anemia.

A. Keluhan yang anda rasakan dapat saja merupakan gangguan dari fungsi jantung, tetapi bisa juga bukan (karena hasil EKG anda katakan normal).

Pada beberapa kasus kelainan jantung , memang memerlukan pemeriksaan tambahan seperti treatmill , echo maupun pemeriksaan darah untuk melihat enzym jantung., walaupun hasil EKG tidak menunjukkan adanya gangguan yang serius.

Anda juga bisa mencari 'second opinion' dari dokter lain. Saran saya sebaiknya anda memeriksakan ke dokter spesialis jantung (cardiolog) untuk memastikan diagnosa penyakit anda.

Tentang riwayat anemia, apakah anda masih menderita anemia sampai sekarang ? Banyak kasus anemia berat yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung.
Secara umum dikenal sebagai penyakit jantung anemi.

Cobalah untuk memeriksakan kembali kondisi tubuh dan jantung anda ke dokter spesialis jantung.

semoga membantu.

Solusi untuk berolahraga?
Q. Saya pengin banget berolahraga teratur. Tapi ngga ada waktu buat joging keluar setiap saat. Motivasinya biar tubuh sehat, mengeluarkan toksin, dan mengecilkan lingkar perut.


Ingin rasanya punya treadmill di rumah. Sempat lihat harganya kemarin harga termurah 2,5 juta yang versi manual.

Saya pikir ada yang harganya satu jutaan. Cegluk.. Jauh dari perkiraan.. Pertanyaan saya apakah ada ya yang jual treadmill bekas ya, yang masih baik tentunya.. Terus ªï¾Âª ada alternatif lain. Karena saya kalau cuma lari di tempat kurang bersemangat. Lokasi saya di jakarta..

Okeeee seeebbbb

A. Kalo ada waktu Treatmill dirumah, kenapa ga bisa di Luar Rumah ? so, jalan kaki itu sehat, ga usah lari deh. Karna jalan kaki adalah olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Jalan kaki cepat selama 60 menit setara dengan jalan 10.000 langkah lho. dan itu cukup untuk menjaga kondisi tubuh harian anda.
Kalo masalah alat treatmill saya kurang tau dimana yang jual dengan harga segitu. Soalnya temen saya aja beli 4 Jutaan.
Coba deh masuk sini u/ harga2 alatnya, tp yg paling murah 2-jutaan sih http://alatfitness.wordpress.com/2009/12/04/treadmill-manual-murah/. Semoga membantu.

Apa Fitness utk Anak 12-14thn itu menghambat pertumbuhannya??
Q. Soalnya katanya tidak sih
Di celebrity fitnes kan ada trainer nya
hari pertama orangnya bilang kl tidak menyebabkan
hari kedua orangnya (org lain) bilang ada beberapa alat yg membuat pendek
tapi kl menurut kk ku yah ada gurunya dl yg pendek gara2 sering fitnes

Nah menurut kalian gmn fitnes itu memang membuat pendek karena alatnya atau memang jadwalnya (maksudnya kl misal pake alat treadmill terus menerus kaki jadi tertekan dan menghambat pertumbuhan)

Atau gmn ??
Tlg Yah

A. Latihan beban atau fitness itu tidak menghambat pertumbuhan atau membuat orang jadi pendek selama anda mengerti cara latihan dengan form yang benar sesuai dengan umur anda, tidak berlatih berlebihan (terlalu lama/sering sehingga sampai dengan kondisi tubuh yang disebut overtraining), dan harus menyesuaikan beban dan jenis latihannya sesuai dengan postur tubuh anda sendiri (berat badan, tinggi dan bentuk tulang anda). Justru dengan berlatih beban sejak usia belasan itu akan membantu membentuk jaringan tulang yang lebih padat dan kokoh, di mana jika dikombinasikan dengan latihan kardio seperti jogging, renang, low impact aerobic, maupun lari santai di treadmill, akan dapat meningkatkan laju pertumbuhan sel2 tulang anda. Jadi orang yang sudah membiasakan diri berolahraga sejak dini akan mempunyai kesempatan untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Saya pernah melatih beberapa orang seusia anda dan mereka tetap bertambah tinggi sampai usianya mendekati 20 tahun.

Yang perlu diingat adalah, usia anda masih sangat muda. Dalam usia di bawah 15 tahun ini, penggunaan beban yang cenderung berlebihan lebih mudah menimbulkan cedera otot, tendon, ligamen dan lapisan pertumbuhan (growth plates) pada tulang yang mengandung banyak sel2 tulang rawan, di mana lapisan tulang ini masih belum tersusun dengan sempurna karena masih terus berkembang dan bertumbuh. Latihan beban pada usia 12-14 bisa dimulai dengan tujuan peningkatan kekuatan dan stamina (strength training), bukan peningkatan massa otot karena otot anda belum bisa beradaptasi dan berkembang dengan baik pada range umur tersebut. Saran saya, sebaiknya anda gunakan mesin fitness yang lebih aman daripada menggunakan beban bebas (bar + barbell) yang butuh keseimbangan tinggi. Strength training mencakup latihan yang lebih mengarah ke gerakan compound (gerakan yang mengenai otot primer dan sekunder sekaligus, misalnya bench press atau military press dengan menggunakan smith machine) dengan repetisi tinggi sebanyak 15 kali dalam 3-4 set namun dengan beban yang ringan-sedang. Gerakan isolasi atau gerakan yang mengisolir otot tertentu saja seperti dumbbell flyes atau lateral raises boleh ditambahkan namun lakukan hanya dengan 10 repetisi dalam 2 set saja dengan beban tetaplah ringan-sedang. Anda harus mengurangi beban jika pada akhir repetisi, beban itu dirasa cukup berat. Anda cukup berlatih 3-4 kali seminggu dengan durasi @45 menit saja. Konsultasikan beban anda dengan instruktur di sana. Alat2 Hammer Strength di Celfit merupakan alat yang bagus dan aman, namun hindarilah free weight area kecuali anda hanya memakai dumbbell yang ringan2 saja.

Good Luck!

Mendingan beli alat fitness sendiri atau gabung di fitness center?
Q. Alat fitness utk treadmill yg standar kurang lebih Rp. 1-3jt
Kalau gabung di fitness center kurang lebih Rp. 300rb sebulan, blm lagi ongkos + parkir...

A. gabung aja!!!

berbahaya melatih badan kita tanpa bimbingan ahlinya, bisa cidera otot atau cidera sendi!!

fitness center bisa nyediain banyak alat!!

ibu saya di diagnosa mengalami penyumbatan pembuluh darah tetapi dadanya masih sakit..?
Q. apa penyebabnya?
setelah di sarankan treadmill, tetap belum kelihatan penyebabnya, kenapa ya?
ibu saya bilang, dada nya nyeri
ada yang tahu jawabannya?

A. dear,

nyeri pada dada itu disebabkan oleh tidak bekerjanya jantung secara normal yang diakibatkan menyempitnya pembuluh darah, ibarat kalau mesin air. pada saat memompa air, selangnya kita pencet, maka suara mesin akan berubah berat. Begitu juga dengan jantung, jantung akan secara otomatis bekerja ekstra keras karena ada saluran yang tersumbat, itulah yang menyebabkan nyeri. Treadmil dapat setidaknya meringankan sakit atau sedikit membantu penyembuhan namun tidak instant. Latihan yang rutin, pola makan, istirahat dan obat yang sesuai anjuran dokter. Bila semua diikuti baru akan terlihat hasilnya.

salam,




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment